Ratusan Pengungsi Afghanistan Demo Minta UNHCR Pindahkan ke Negara Ketiga

 

TANJUNGPINANG (KGK) – Ratusan pengungsi dan pencari suaka dari negara Afganistan melakukan aksi demo menuntut United Nations High Commissioner For Refugees (UNHCR) memindahkan mereka ke negara ketiga.

Bertempat di Lapangan Pamedan Ahmad Yani Tanjungpinang, ratusan pengungsi asal negara Afganistan ini melakukan aksi demo damai menuntut United Nations High Commissioner For Refugees (UNHCR) agar mereka dipindahkan ke negara ketiga, Rabu (17/11/2021).

Dalam orasinya, pencari suaka mengatakan mereka telah menunggu sejak tahun 2000 sampai sekarang/ namun belum juga dipindahkan ke negara ketiga. Adapun negara ketiga tujuan mereka yang berjanji untuk menampung pencari suaka adalah Amerika Serikat, Kanada, Australia dan New Zealand.

Para pendemo mengatakan mereka tidak ada masalah dengan pemerintah Indonesia. Mereka hanya menyuarakan pendapat dan tuntutan kepada UNHCR yang difasilitasi IOM.

salah satu pencari suaka Afganistan yang juga merupakan koordinator pendemo, Yahya Zan Malik mengatakan pihaknya sudah sabar menunggu janji dari UNHCR untuk penempatan mereka ke negara ketiga.

Namun hingga puluhan tahun mereka tidak kunjung juga di relokasi dan dipindahkan UNHCR ke negara ketiga. mewakili para pengungsi, Yahya Zan Malik memohon kepada pemerintah Indonesia agar bisa menyampaikan aspirasi mereka ke PBB.

Menurut Yahya Zan Malik, walaupun para imigran diberikan tempat tinggal di pengungsian, akan tetapi tidak ada artinya karena mereka tidak memiliki masa depan dan akan menjadi pengungsi terus.

“Saya sudah 10 tahun lebih berada di Indonesia. Ada beberapa kawan saya yang meninggal di pengungsian karena beberapa sebab. Pada umumnya mereka stres dan putus asa tidak juga diberangkatkan ke negara tujuan yang kami inginkan,” ujar Yahya Zan Malik.

Usai melakukan orasi dan demo, ratusan imigran tersebut berjalan kaki dari Lapangan Pamedan Tanjungpinang menuju ke terminal Kijang Lama denga membawa spanduk dan meneriakan yel-yel agar mereka segera di kirim ke negara ketiga.

Saat ini ratusan imigran asal Afganistan tersebut tinggal dan direlokasi di Hotel Badra yang berada di kawasan Trikora, Kabupaten Bintan. Selama tinggal di hotel tersebut, semua biaya mereka di tanggung oleh UNHCR yang mengurusi masalah pencari suaka. (Dwa)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.