BC Tanjungpinang Musnahkan Barang Tangkapan Senilai Rp. 3,5 Miliar

 

TANJUNGPINANG (KGK) – Bea Cukai Tanjungpinang melakukan pemusnahan ratusan item barang selundupan hasil tangkapan sejak tahun 2019 sampai dengan tahun 2020 senilai kurang lebih Rp. 3,5 miliar dengan potensi kerugian negara sebesar Rp. 2,1 miliar apabila barang barang tersebut lolos.

Berbagai macam barang yang dimusnahkan oleh BC Tanjungpinang ini diantaranya minuman alkohol, sepeda, sprengbead, rokok, handphone, mesin air, busana dan peralatan eletronik.

Barang barang ini merupakan hasil tegahan atau tangkapan BC Tanjungpinang dari tahun 2019 sampai dengan tahun 2020 dengan nilai sekitar Rp. 3,5 miliar. Pemusnahan dilakukan di Komplek Bea Cukai Tanjungpinang di Jalan Gatot Subroto KM 5, Rabu (3/3/2021) yang dihadiri unsur FKPD Tanjungpinang.

Semua barang yang dimusnahkan ini merupakan produk luar negeri yang dibawa ke Tanjungpinang baik secara pribadi maupun perusahaan dengan cara illegal tanpa membayar pajak.

Minuman alkohol dimusnahkan dengan cara digiling menggunakan alat berat, adapun rokok dan busana dibakar. Sementara peralatan elektronik di gerinda dan di gergaji menggunakan mesin shinsaw.

Kepala Bea dan Cukai Tanjungpinang Muhammad Syahirul Alim mengatakan pemusnahan barang illegal senilai Rp. 3,5 miliar ini bertujuan untuk menyelamatkan perekonomian dalam negeri sesuai dengan perintah Menteri Keuangan yang berkomitmen melindungi masyarakat dari barang barang illegal.

“Apabila barang illegal ini berhasil lolos, maka kerugian negara sebesar Rp. 2,1 miliar hilang dari sisi pendapatan bea masuk,” ujarnya.

Adapun kasus hukum terhadap pemilik barang illegal ini ada yang sudah ingkrah dan memiliki kekuatan hukum tetap, maupun dalam proses sidang di pengadilan. (Dwa)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.