Namanya Ada di Koin Dirham, Huzrin Hood : Saya Tak Tau

 

TANJUNGPINANG (KGK) – Pasar Muamalah yang transaksi jual belinya menggunakan koin dinar-dirham akhir-akhir ini menghebohkan dan menyeret nama salah seorang tokoh masyarakat Melayu Kepulauan Riau H. Huzrin Hood.

Beredar koin dirham di Kabupaten Madiun dengan nama SULTAN HAJI HUZRIN HOOD dengan tanda dua bintang sebagai spasi pemisah. Di bawah bintang sebagai spasi itu tulisan terbaca KESULTANAN BINTAN DARULMASYUR.

Selain itu terdapat juga gambar logo dua keris di kanan dan kiri yang diapit tiga gambar mirip kepala hewan berbulu seperti singa. Gambar lambang keris dan kepala yang persis di tengah dikelilingi tulisan dengan huruf kapital membentuk lingkaran.

Huzrin Hood yang dikonfirmasi terkait ada namanya di koin dirham tersebut tidak mengetahuinya. “Sdh terlanjur di mana-mana, siapa yg cetakpun kita tak tau,” ujar Huzrin Hood saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp.

Dari gambar yang beredar di dunia maya, dua koin logam dinar-dirham dengan nama SULTAN HAJI HUZRIN HOOD tersebut berwarna perak berukuran diameter sekitar 2 cm.

H. Huzrin Hood

H. Huzrin Hood. (foto : dok. pribadi).

Dua permukaan koin tersebut satu menunjukkan angka dan permukaan satunya bergambar logo. Untuk permukaan yang ada tulisan, tampak menunjukkan tahun Islam hijriah H1441.

Kemudian terdapat angka yang menunjukkan nilai 1/2 perak. Tulisan perak dengan cetakan huruf kapital tampak lebih menonjol dari tulisan lainnya.

Tampak pula ada tulisan Arab membentuk lingkar sebelah kiri tulisan angka 1/2 perak. Di bawah tulisan perak tertera huruf dan angka Ag 9991487 G.

Sementara pada permukaan koin dinar-dirham baliknya terdapat gambar lambang. Yakni gambar dua keris saling mengapit dan di atasnya ada lingkar kecil dikelilingi garis dan membentuk seperti matahari. (Dwa/Dtk)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.