Tipu Korban Dengan Proyek Fiktif, Oknum ASN Pemprov Kepri Ditangkap

 

TANJUNGPINANG (KGK) – Seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau berinisial NM (37 tahun) ditangkap Satuan Reskrim Polres Tanjungpinang atas dugaan penipuan sebesar Rp. 520 juta.

NM ditangkap berdasarkan laporan dari Eva Yuliana pada November 2020 yang ditipu oleh oknum ASN Pemprov Kepri tersebut karena menjanjikan proyek pengadaan bingkisan halal bihalal di Biro Umum kepada korban pada bulan Juli lalu.

Penangkapan terhadap NM dibenarkan oleh Kanit Tipiter Satreskrim Polres Tanjungpinang Ipda Rizki Yudianto kepada sejumlah wartawan, Senin (28/12/2020). “NM sudah kita tetapkan sebagai tersangka dan dilakukan penahanan,” katanya saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang.

Ipda Rizki Yudianto mengatakan modus penipuan yang dilakukan NM yakni menawarkan dan menjanjikan proyek pengadaan bingkisan halal bihalal yang ada di Biro Umum kepada Eva Yuliana pada bulan Juli lalu.

Kepada korban, tersangka NM meminta uang sebesar Rp. 520 juta agar proyek tersebut bisa didapatkan korban Eva Yuliana. Namun, saat korban mengecek di Biro Umum ternyata proyek tersebut tidak ada alias fiktif.

“Proyek yang dijanjikan oleh tersangka kepada korban tidak ada alias fiktif. Korban yang merasa ditipu dan mengalami kerugian sebesar Rp 520 juta lalu membuat laporan ke polisi,” ujarnya.

Lebih lanjut Ipda Rizki Yudianto mengatakan atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP Junto Pasal 64 KHUP dengan ancaman minimal lima tahun penjara. (Dwa)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.