Ketua DPRD Natuna Dampingi Kunjungan Menteri KKP Berdialog Dengan Nelayan di Selat Lampa

 

NATUNA (KGK) – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja di Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna di Selat Lampa, Selasa (7/1/2020). Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu melakukan dialog dengan para nelayan.

Dalam kunjungan tersebut Menteri KKP Edhy Prabowo didampingi Direktur Jenderal Perikanan Tangkap M. Zulficar Mochtar dan Direktur Jenderal Perikanan budidaya Slamet Soebjakto dan disambut Ketua DPRD Natuna Andes Putra.

Dalam dialog dengan nelayan, Menteri KKP ingin mendengar dan menyerap masukan aspirasi dari nelayan. Tujuannya untuk menjalin komunikasi yang baik dengan para nelayan sesuai visi dan misi Presiden RI.

Dalam forum yang melibatkan ratusan nelayan Kabupaten Natuna ini, Edhy menerima berbagai keluhan dan keinginan para nelayan. Diantaranya pasokan air bersih dan bahan bakar minyak di kawasan pelabuhan perikanan Selat Lampa serta harga ikan yang menurun.

Menurut Edhy, kapasitas cold storage 200 ton yang tersedia di SKPT Natuna belum cukup menampung ikan yang berlimpah hasil tangkapan nelayan. Pihaknya berencana akan segera membangun cold storage agar dapat menyimpan ikan para nelayan saat harga ikan sedang turun.

“Saat harga mulai stabil, ikan ini dapat dikeluarkan dan masih dalam keadaan segar,” ujarnya di hadapan para nelayan.

Untuk meningkatkan kapasitas nelayan Natuna, KKP juga melakukan pemberdayaan melalui bimbingan teknis, pelatihan dan magang. Seperti perbaikan mesin kapal, perbaikan badan kapal serta penguatan adminitrasi kelembagaan. Selain itu juga diberikan sejumlah bantuan sarana penangkapan ikan berupa kapal perikanan, mesin kapal perikanan dan alat penangkapan ikan.

Sebelumnya, Edhy beserta rombongan melakukan peninjauan operasional SKPT Natuna yang mampu menampung ratusan kapal perikanan beragam ukuran. Tercatat hingga Desember 2019 lalu jumlah kedatangan kapal perikanan sebanyak 793 unit.

Sementara itu Ketua DPRD Natuna Andes Putra menyambut baik kunjungan Menteri KKP Edhy Prabowo yang langsung melakukan pertemuan dan dialog dengan nelayan Selat Lampa.

Diharapkan dengan kunjungan ini. Diharapkan kunjungan Menteri KKP ini dapat memberi solusi kepada nelayan yang ada di Natuna untuk lebih meningkatkan hasil tangkap dan jual ikan.

Begitu juga mengenai peralatan mencari ikan yang selama ini masih minim dimiliki nelayan Natuna yang kalah bersaing dengan nelayan asing. “Diharapkan dengan kunjungan Menteri KKP dapat memberi solusi kepada nelayan mengenai peralatan untuk menangkap ikan. Seperti jaring dan kapal agar nelayan bisa melaut lebih jauh,” ujar Andes Putra. (Dwa)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan