Sidang Pungli KSOP, Terdakwa Menangis Minta Dituntut Ringan

 

TANJUNGPINANG (KGK) – Sidang pungutan liar (pungli) pegawai Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang dengan tiga terdakwa Herbert Panusunan Simamora (34), Sutoyo (42) selaku Kepala Pos KSOP dan Eri Priawan (27) dengan agenda mendengarkan keterangan terdakwa daan saksi mahkota digelar di Pengadilan Negeri Tanjungpinang, Selasa (13/02).

Usai saksi mahkota memberikan keterangan, sidang yang dipimpin majelis hakim Edward MP Sihaloho SH, MH didampingi dua hakim anggota, Corpioner SH, MH dan Joni Gultom SH, MH bertanya kepada ketiga terdakwa apakah keterangan saksi tersebut benar. Dengan wajah tertunduk ketiganya tidak membantah keterangan tersebut. Selain itu ketiga terdakwa mengatakan pungli yang mereka lakukan terhadap agen kapal tersebut sudah lama terjadi.

“Saya menyesal yang mulia, dan berjanji tidak akan melakukannya lagi bila nanti sudah bebas. Kami tahu perbuatan itu salah, karena pungli itu sudah terjadi sejak dari dulu,” ujar salah satu terdakwa.

Saat ketua Majelis Hakim memberi kesempatan kepada ketiga terdakwa apalagi yang akan disampaikan, dengan spontan mereka menangis dan memohon kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar tuntutan hukuman mereka ringan.

“Saya mohon pak hakim agar tuntutan kami jangan diperberat, saya masih punya anak kecil serta istri. Sebagai tulang punggung keluarga saya bertanggungjawab terhadap keluarga,” ujar Herbet Simamora yang diamini dua terdakwa lainnya sambil menyeka air mata.

Kasus pungli ketiga terdakwa KSOP Tanjungpinang tersebut merupakan hasil OTT Satreskrim Polres Tanjungpinang, terhadap Harbert Panusanan Simamora pada tanggal 2 Mei 2017. Terdakwa ditangkap saat menerima amplop berisi uang dari salah satu pengurus kapal yang akan berangkat dengan mendatangi Kantor Pos KSOP di Pelabuhan SBP. Dari hasil pengembangan itu polisi akhirnya kembali mengamankan dua tersangka lainnya yang diduga ikut terlibat, yakni Sutoyo selaku Kepala Pos KSOP dan Eri Priawan. (KGK/Dwa)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan